Skip to main content
Eclipse

Belajar Pemrograman Android Menggunakan IDE Eclipse

Belajar pemrograman Android Menggunakan IDE Eclipse

Suatu hal tambahan dalam belajar Pemrograman Android Melalui Blog ini yaitu tentang belajar Pemrograman Android Menggunakan IDE Eclipse. Hal ini saya katakan demikian, karena dalam materi sebelumnya yang kita bahas tentang penggunaan IDE Android Studio untuk pengembangan Aplikasi Android. Berdasarkan suatu hal dan beberapa pertimbangan dari beberapa masukan, alangkah bagusnya juga dalam blog ini dibahas juga tentang cara belajar pemrograman Android menggunakan IDE Eclipse. Alasan nya dikarenakan banyak yang belum terlalu mahir dalam penggunaan IDE Android Studio. Satu hal lagi, saya juga menyarankan bagi pemula, agar menggunakan IDE Eclipse sebagai awal belajar.  Yang paling sukar yaitu Kelambatan loading jika menggunakan IDE Android Studio.

Berdasarkan pertimbangan-pertimbangan tersebut, mulai dari konten ini kita akan membahas tentang Cara Belajar Pemrograman Android Menggunakan IDE Eclipse khususnya bagi seorang pemula. Namun, pembahasan nya juga tidak terlepas dari penggunaan IDE Android Studio. Jadi, konten nya akan saya pisahkan kedalam cara belajar pemrograman Android menggunakan IDE Android Studio dan juga Eclipse.

Pembahasan Awal Belajar Pemrograman Android IDE Eclipse

Pembahasan dalam belajar Pemrograman Android menggunakan IDE Eclipse akan langsung kita masuk kedalam pembahasan cara instalasi Tools dan pembuatan project langsung. Untuk pemahaman tentang Struktur Project, Struktur SDK sebenarnya tidak terlalu berbeda dengan Versi penggunaan Android Studio.

Baca :

Setelah memahami tentang materi tersebut, saya sarankan untuk lanjut kepembahasan awal ini. Disamping juga nantinya akan coba kita bahas jika ada perbedaan dengan menggunakan IDE Eclipse. Langsung kepembahasan awal yaitu tentang tools yang digunakan.

Tools Aplikasi Belajar Pemrograman Android IDE Eclipse

Seperti halnya sebuah pemrograman lain nya, untuk belajar pemrograman android juga memerlukan IDE untuk mengetikkan coding nya. Berikut Tools yang diperlukan untuk Belajar Pemrograman Android Menggunakan IDE Eclipse:

  • Java Development Kit (JDK)
  • Android SDK
  • IDE Eclipse

Pembahasan Tools :

  1. JDK, suatu keharusan awal yang harus ada dilaptop atau PC anda. Dalam hal ini saya rekomendasikan menggunakan JDK versi 7 atau 8. Untuk proses instalasi nya saya tidak akan membahasnya, karena proses install nya sama seperti kita install aplikasi lainnya. Untuk Download JDK : Link
  2. Android SDK. Proses penggunaan nya sama seperti pada Android Studio. Dalam hal ini saya gunakan SDK yang telah saya Upgrade ke versi API 21 (Android Lollipop).
  3. IDE Eclipse yang saya gunakan versi Juno. Versi ini tersedia ketika saya download langsung di web Developer Android ketika masih disediakan.

Note :

  • Untuk Tools Aplikasi yang saya sebutkan diatas, rencananya akan saya Share agar bisa di download secara langsung agar mudah dalam mengikuti pembahasan materi. Namun satu kendala nya, file nya lumayan besar (4.5 GB, sudah saya upgrade dan tinggal pakai). Kalau koneksi internet nya cepat akan saya share link downloadnya, ditunggu saja.

Cara Instalasi Tools Eclipse dan SDK

Untuk proses instalasi nya hanya tinggal copy dan letakkan di Partisi yang anda inginkan. Untuk kemudahan nya, cek saja Video dalam konten ini untuk memahami proses instalasi IDE Eclipse dan Android SDK. Sebagai info, saya meletakkan file Eclipse dan SDK dalam satu folder yang sama. hal ini saya lakukan agar mudah saja.

Proses Awal Menggunakan IDE Eclipse

Sebelum kita mulai menggunakan IDE Eclipse, alangkah baiknya kita perhatikan dulu Struktur Android SDK yang telah saya Upgrade ke API 21. Berikut gambaran nya :

Belajar Pemrograman Android
Struktur SDK Android

Penjelasan nya sama seperti pembasan Struktur SDK dimateri penggunaan Android Studio. Saya tidak upgrade ke versi API 22 dan 23, karena untuk penggunaan koding versi API 23 belum terlalu saya pahaminya. jadi saya masih suka menggunakan Version API 21. Jika Mau Upgrade versi terbaru, koneksi internet langsung saja diupgrade.

Sebagai contoh, Saya meletakkan IDE Eclipse + SDK dalam satu folder di partisi D. Lihat gambar :

Belajar Pemrograman Android
Folder SDK+Eclipse

Dalam proses awal penggunaan nya, pastikan Eclipse akan membaca letak SDK nya. Hal ini bisa kita lakukan dengan melakukan nya secara manual. Lihat Video tata cara penggunaan IDE Eclipse awal dan cara penambahan SDK ke Eclipse.

Video Hubungkan IDE Eclipse dengan Android SDK

Sekian dulu pembahasan tentang langkah awal penggunaan IDE Eclipse dalam pengembangan aplikasi Android. Untuk Pembahasan berikutnya akan kita bahas cara awal pembuatan project menggunakan Eclipse ditambah dengan videonya.

Kesimpulan Belajar Pemrograman Android Menggunakan IDE Eclipse

  • Bagi Pemula belajar pemrograman Android, disarankan agar menggunakan IDE Eclipse
  • Pembahasan materi cara belajar Pemrograman Android menggunakan IDE Eclipse sebagai solusi bagi yang kurang pemahaman penggunaan IDE Android Studio
  • Untuk Struktur SDK Android Tidak berbeda dengan SDK menggunakan Android Studio

Semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com