Skip to main content
Android Studio

Cara Install Android Studio di Windows dan Linux

Belajar Pemrograman Android, hal pertama yang kita butuhkan pastinya menyiapkan aplikasi IDE dan tools untuk memulai pengembangan nya, sekilas akan kita bahas tentang cara install Android Studio di Windows dan Linux. Ini merupakan langkah awal sebelum kita memulai pengembangan aplikasi Android. Dalam pembahasan ini langsung penggunaan nya menggunakan IDE Android Studio, tidak menggunakan IDE Eclipse. Alasan nya, pihak Developer Android sendiri sudah mengatakan bahwa, versi android berikutnya, pengembangan aplikasi Android wajib menggunakan Android Studio, tidak lagi menggunakan Eclipse. Keterangan resmi nya baca di Web Developer AndroidNamun jika anda pemula, lebih baik gunakan saja IDE Eclipse untuk lebih mudah pemahaman nya.

baca : Syarat Belajar Android Pemula

Syarat Install Android Studio

Sebelum install android studio, pastikan komputer nya telah terinstall JDK version 7 atau lebih (jangan cuma JRE).Versi JDK 7 sudah harus diinstal untuk pengembangan aplikasi android 5.0 Lolipop. Jika untuk versi Android 5.0 kebawah, mungkin masih bisa menggunakan JDK 6. Dalam pembahasan ini kita akan memahami cara install Android Studio dan keperluan lainnya di OS Windows dan Linux.

Pastikan Komputer anda telah terinstall Java JDK, cara mengecek nya apakah sudah terinstall dan versi berapa, buka Terminal (linux) atau Command Prompt (Windows) ketikkan perintah :javac -version. Maka akan muncul versi Java yang anda gunakan. Jika belum terinstall JDK, download saja di : Java JDK

Spesifikasi Komputer

Dikutip dari Website Developer Android, Spesifikasi Komputer/Laptop untuk menginstall Android Studio sebagai berikut:

OS Windows

  • Microsoft® Windows® 8/7/Vista (32 or 64-bit)
  • 2 GB RAM minimum, direkomendasikan 4 GB RAM
  • 400 MB hard disk space
  • Menyediakan 1 GB Untuk Android SDK, emulator system images, and caches
  • 1280 x 800 minimum resolusi monitor
  • Java Development Kit (JDK) version 7
  • Pilihan Untuk Kecepatan Emulator : Intel® processor with support for Intel® VT-x, Intel® EM64T (Intel® 64), and Execute Disable (XD) Bit functionality

OS Linux

  • GNOME or KDE desktop
  • GNU C Library (glibc) 2.15 or later
  • 2 GB RAM minimum, 4 GB RAM Rekomendasi
  • 400 MB hard disk space
  • At least 1 GB for Android SDK, emulator system images, and caches
  • 1280 x 800 minimum screen resolution
  • Oracle® Java Development Kit (JDK) 7

Note :

  • Jika komputer kita tidak minimum dari Spesifikasi yang disyaratkan, kemungkinan akan sangat lambat loading apalagi pada saat Run aplikasi di Emulator nya.

Install Android Studio di Linux Ubuntu 12.04

Berikut tahapan untuk proses instalasi IDE Android Studio di OS Linux

  • Download Android Studio untuk Linux [Disini]
  • Unzip file Android Studio yang kita download tadi. Letakkan di direktori home.
  • Untuk menjalankan android studio buka terminal. Ketik perintah : cd android-studio/bin , kemudian dibawahnya ./studio.sh

Berikut tampilan awal nya :

Android Studio
Android Studio
  • Jika SDK belum diinstal. Ikuti Setup wizard untuk menginstall SDK dan Tool SDK yang diperlukan:
Android Studio
Android Studio
  • Proses selanjutnya, tinggal menekan Next sampai Finish

Note :

  • Jika bingung, bisa dilihat dari video berikut yang ambil dari web teknorial.com, namun video nya mendemokan lewat linux Mint. Silahkan nonton lewat link berikut : https://youtu.be/eD_QQLBZtC8

Install Android Studio di Windows

Setelah selesai men-download, cari file Android Studio instalasi executable (bernama android-studio-bundle- <version> .exe) di jendela Windows Explorer dan klik dua kali untuk memulai proses instalasi, klik tombol Yes pada dialog User Account Control jika muncul – klik pada tombol ‘Next‘.

Android Studio
Android Studio

Klik tombol ‘Next‘ ketika layar berikutnya (ditampilkan di bawah) akan muncul.

Android Studio
Android Studio

Layar berikutnya (ditampilkan di bawah) adalah perjanjian lisensi. Jika Anda setuju untuk itu, klik pada tombol “I Agree“.

Android Studio
Android Studio

Layar berikutnya adalah pengaturan konfigurasi di mana semua jalur instalasi yang akan ditampilkan. Mengubahnya jika Anda inginkan dan klik tombol ‘Next‘ untuk melanjutkan.

Android Studio
Android Studio

Layar berikutnya adalah untuk menciptakan sebuah shourcuts pada start menu – biarkan saja pengaturan ini default dan klik pada tombol ‘Install‘.

Android Studio
Android Studio

Instalasi  Android Studio akan dimulai – dan tunggu proses instalasi hingga Completed. Jika selesai akan muncul dan tekan Next lagi :

Android Studio
Android Studio

Setelah itu masuk kehalaman Finish. Centang Start Android Studio jika kalian ingin memulai membuka Android Studio untuk pertama kali – Klik tombol Finish.

Tampilan Awal Android Studio

Ketika proses instalasi selesai dilakukan, pada saat membuka Android Studio pertama kali, akan muncul tampilan berikut :

Android Studio
Android Studio

Menyediakan opsi untuk mengimpor pengaturan dari versi Android Studio sebelumnya. Jika Anda memiliki pengaturan dari versi sebelumnya dan ingin mengimpor mereka ke dalam instalasi terbaru, pilih opsi yang sesuai dan lokasi. Atau, menunjukkan bahwa Anda tidak perlu mengimpor pengaturan sebelumnya. Jika baru pertama kali menginstal Android Studio sebelumnya. Pilih “I do not have a previous version of Android Studio or I do not want to import my settings” dan klik tombol OK untuk melanjutkan.

Selanjutnya akan diarahkan kehalaman untuk mendownload dan menginstall komponen Android SDK Tools. Pastikan komputer Anda terhubung dengan internet. Tunggulah proses download dan  menginstall Android SDK tools hingga selesai.

Android Studio
Android Studio

Setelah proses download dan install componen telah selesai. Klik tombol Finish.

Android Studio
Android Studio

Setelah Android Studio selesai menyelesaikan proses setup. Anda akan disambut dengan layar Selamat datang Android Studio maka akan muncul:

Android Studio
Android Studio

Android Studio sudah selesai diinstal, kita sudah dapat membuat project baru untuk membuat atau mengembangkan Aplikasi berbasis Android dengan Android Studio. Tahap berikutnya kita masih membutuhkan Instalasi Paket SDK Android Terbaru. Akan kita bahas di materi berikutnya tentang proses instalasi dan pengenalan Android SDK.

Salam.

Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com