Skip to main content
cara mengatasi error coding Android Studio

Cara Mengatasi Error Coding di Android Studio

Pendahuluan Cara Mengatasi Error Coding di Android Studio

Salam sejahtera, kali ini pembahasan kita bukan mengenai suatu tutorial namun berupa info yaitu tentang cara mengatasi error coding di Android Studio. Artinya dalam belajar suatu pemrograman khususnya Android, kita membutuhkan suatu cara agar bisa menghilangkan beberapa yang kemungkinan terjadi. Pastinya hal ini akan membantu kita dalam pengembangan aplikasi. Seorang pengambang apapun aplikasi dan jenis aplikasi yang dibangunnya, pastinya mendapatkan error. 

Android Studio merupakan Official IDE (Integrated Development Environment) dari Android (Google). IDE ini merupakan IDE resmi untuk membuat aplikasi berbasis Android.  Sebelum Android Studio dirilis sekitar bulan – bulan akhir 2014 para developer menggunakan Eclipse with ADT (Android Development Tool). Sekarang, semakin banyak Developer yang menggunakan Android Studio baik para pemula maupun para expert yang beralih dari Eclipse ADT.

Sebelum kita mulai dengan pebahasan cara mengatasi error coding Android Studio. Saat kita menjadi seorang developer Android, ketika membuat dan memprogram Aplikasi kita di Android Studio. Saya pun pasti sering merasa mengalami error dan bingung ketika Aplikasi yang kita buat, tinggal beberapa sekian % lagi jadi. Terkadang hal ini langsung menurunkan minat kita untuk melanjutkan kembali.

Topik Pembahasan cara mengatasi error coding di Android Studio

  • Problem/ Masalah Ketika Proses Instalasi Awal Android Studio
  • Tips atasi error saat pengetikan Coding
  • Kesimpulan

Pembahasan mengenai cara mengatasi error coding di Android Studio saya ambil dan kumpulkan dari berbagai sumber, mudah-mudahan akan menjadi bantuan bagi para pengguna Android Studio.

Problem/ Masalah Ketika Proses Instalasi Awal Android Studio

Kita awali pembahasan tentang cara mengatasi error coding Android Studio. Untuk para pengguna baru, pasti akan menemui problem saat pertama menginstall maupun menjalankan IDE Android Studio. Satu hal, bahwa Pemrograman Android adalah pemrograman yang berbasiskan Java, jadi pastikan anda telah menginstall JDK (Java Development Kit) pada komputer anda. Download JDK di :  http://www.oracle.com/technetwork/java/javase/downloads/index.html

Berikut beberapa Pemecahan Problem Tentang cara mengatasi error coding pada saat pertama menggunakan Android Studio.

Android Studio gagal mendeteksi JVM di Win 8.1 64 bit

Dalam beberapa hari ini, Saya melakukan installasi android studio di Windows 10 64 bit, Pada Laptop yang satu lagi versi 32 bit, Saya install JDK 8, saya pun juga sudah menambahkan system variable JAVA_HOME dan mensetting value nya dengan benar. Jika proses instalasi JDK sudah dilakukan dengan benar, namun jika menjumpai error pada saat membuka Android Studio : tulisan JVM not found, lihat gambar berikut :

cara mengatasi error coding Android Studio
Error Android Studio Java

Solusi permasalahan error tersebut, Anda bisa mencoba install jdk 64 bit, kemudian system variable JAVA_HOME tadi isikan value nya dengan path dari JDK 64bit tersebut.

Android Studio error: tidak bisa mendetek build-tools:21.1.1

Masalah ini terkadang sering terjadi, dan akan buat bingung khususnya bagi pengguna awal. Lihat gambar :

cara mengatasi error coding Android Studio
Build Error

Permasalahan ini terjadi karena build-tools untuk versi 21.1.1 belum tersedia. Caraya, cari apakah builds-tools di folder SDK, lihat gambar:

cara mengatasi error coding Android Studio
Check error coding android studio

Solusi: Koneksikan komputer anda ke internet, Android Studio secara otomatis akan mendownload file – file yang dibutuhkan untuk menjalankannya.

Error: x86 emulation currently requires hardware acceleration

Ketika install Android Studio sudah OK semuanya, update, path dan lain – lain dengan meng-konek kan ke internet. Ada problem lain yang muncul, yaitu ketika akan run code, maka muncul error lagi seperti gambar di bawah ini:

cara mengatasi error coding Android Studio
Error INTEL HAXM

Masalah ini karena INTEL HAXM (Intel Hardware Accelerated Execution Manager) belum terinstall pada PC anda. INTEL HAXM adalah sebuah terobosan baru dari Intel untuk para Developer Android yang menginginkan kecepatan debug/run pada Android Emulator. Sebelumnya, untuk me-run aplikasi Android yang kita buat pada emulatornya ternyata sangatlah lambat. Untuk anda para pengguna komputer yang ber-processor Intel tidak perlu cemas dengan lambatnya proses emulator pada Android, anda tinggal mengaktifkan Intel Virtualization dari bios anda kemudian menginstall Intel Haxm.

Caranya Coba install intall HAXM nya, bisa dengan Android Manager , lihat daftar extra, nah, disana ada INTEL HAXM nya, atau coba check C:\Users\KomputerMu\AppData\Local\Android\sdk\extras\intel\. Bila sudah ada installer HAXM nya, coba double click untuk menginstall HAXM tersebut.

Note:
Untuk menginstal x86 intel haxm, processor anda harus support Intel Virtualization. Secara default, Intel Virtualization adalah off (mati), untuk menghidupkan nya anda bisa membuka bios anda dan men-setting nya ke on (hidup).

Bila ingin tahu lebih jauh tentang Intel Haxm, bisa baca di link ini: http://teknojurnal.com/mempercepat-emulator-android-di-arsitektur-intel/

Tips atasi Error saat pengetikan Coding

Pada pembahasan awal tentang cara mengatasi error coding Android Studio, kita telah bahas problem yang terjadi ketika proses intalasi awal. Berikutnya pembahasan problem pada saat pengetikan Coding. Ini beberapa tipsnya.

Analisis kesalahan

Kita harus tahu step by step kenapa kesalahan itu muncul , saat kita mencoba mengcompile (merunning ) project. Biasanya hanya masalah kecil saja, bisa berakibat fatal. Seperti kesalahan penamaan file-file atau syntax, saat kita menerapkan baris intruksi (codingan). Karna program Aplikasi Android, menggunakan bahasa pemrogramman java yang dimana  penamaanya bersifat case-sensitive, membedakan huruf besar dan kecil. Nama file yang erorr biasanya akan ditandai dengan warna merah ,di Android Studio.

Check tiap-tiap file

Kedua ketika kesalahan muncul , kita bisa mengecheck tiap-tiap file. Apa ada baris intruksi (codingan ) yang salah kita lupa mensetting sesuatu. Seperti pada fileAndroidManifest.xml, jika Aplikasi kita menggunakan koneksi internet contohnya kita harus menerapkan User Permission pada file AndroidManifest.xml. Pada build.gradle apa kita lupa mengimport library pada bagian dependencies sehingga kesalahan muncul. Dan lain-lain.

Menggunakan build >Clean

Ketiga terkadang saya sering mengalami hal ini, ketika sebuah program Aplikasi sudah benar baris intruksi (codingan )nya. Namun tiba-tiba saat  kita mau mengcompile – merunning project , muncul popup window Aplikasi tidak bisa dijalankan. Biasanya ini terjadi  erorr pada R. Java. Kita bisa menggunakan build pada menu toolbar di Android Studio ,lalu pilih Clean Project.
cara mengatasi error coding Android Studio
Clean Project Error Coding

Manfaatkan fitur logcat

Di Android Studio kalian bisa memanfaat kan fitur logcat , untuk mendeteksi kesalahan-kesalahan yang muncul saat kita coding.Logcat dapat dilihat pada bagian bawah Android Monitor, lalu kalian bisa melihat Erorr pada layar tersebut.
cara mengatasi error coding Android Studio
LogCat Error Android Studio

Copykan pesan erorr ke Google Search

Kita  bisa salin atau copykan pesan erorr ke Google Search. Jadi bagi developer Android syarat terhubung atau terkoneksi Internet adalah hal mutlak. Di Google Search kalian bisa melihat orang yang mengalami kesalahan yang sama seperti kalian. Biasanya kebanyakan orang-orang bertanya di situs web tanya jawab stackoverflow.com

Bertanya di situs web tanya jawab stackoverflow

Jika tidak ada orang lain yang bisa, membantu memecahkan kesalahan. Kalian bisa inisiatif bertanya di situs web tanya jawab  stackoverflow. Disini kalian bisa mendaftar terlebih dahulu jika kalian tidak punya akunnya. Pastinya jika kalian bertanya kalian harus menggunakan bahasa english yang jelas, agar orang lain di luar negeri sana, mengerti tentang kesalahan kalian. Pastikan juga kesalahan yang muncul saat kalian coding di Android Studio, belum pernah ada yang menanyakan sebelumnya. Agar tidak duplicate question.
Kesimpulan tentang cara mengatasi error coding Android Studio
  • Bagi seorang pemula, pastinya akan mengalami beberapa kendala ketika pertama kali menggunakan IDE Android  Studio, materi ini tentang cara mengatasi error coding Android Studio mungkin jadi solusi.
  • Jangan menyerah ketika menemuan error atau problem, search di google dan tanyakan di grup atau forum untuk permasalahan dan cara mengatasi error coding Android Studio.
Demikian sekilas beberapa tips info tentang cara mengatasi error coding bagi pengguna Android Studio Pemula, semoga bermanfaat.
Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com