Skip to main content
AVD Emulator Android Studio

Cara Meningkatkan Kecepatan Emulator Android

Kecepatan Emulator

Cara meningkatkan Kecepatan Emulator Android merupakan pembahasan berikutnya dalam belajar Pemrograman Android menggunakan IDE Android Studio. Kecepatan ataupun Performance dari emulator sangat dibutuhkan ketika run aplikasi android. banyak keluhan dari para pemula belajar Android tentang kecepatan loading emulator nya. Mungkin Materi ini cocok bagi yang punya permasalahan tersebut, khususnya bagi pengguna Laptop atau PC dengan Spesifikasi minimum.

Secara default penggunaan emulator Android sangat lambat loading. Sedangkan kecepatan kita dalam membangun aplikasi sangat ditentukan oleh kecepatan pada saat kita melakukan edit-test-fix sebuah aplikasi. Dengan melakukan test butuh waktu lama, dengan sendirinya proses development kita juga akan butuh waktu lama.

Pengenalan Intel Hardware Accelerated Execution Manager (Intel HAXM)

Berikut cara untuk meningkatkan kecepatan emulator android. Intel Hardware Execution Manager (Intel HAXM), sebuah hardware-assisted virtualization engine (hypervisor) yang menggunakan Intel Virtualization Technology (Intel VT) untuk mempercepat pengembangan aplikasi Android di Windows. Teknik yang tersedia untuk meningkatkan kecepatan emulator Android, yaitu dengan menggunakan emulator berbasis Intel platform. Untuk Linux menggunakan KVM untuk mempercepat emulator Android dengan mudah sehingga mempercepat pengetesan dan debugging aplikasi Android. Syarat awal nya adalah kita harus menggunakan komputer dengan Prosessor Intel.

Intel HAXM juga dapat digunakan untuk mempercepat emulator Tizen, namun ini di luar lingkup artikel ini (sumber : teknojurnal). Untuk informasi lebih lanjut tentang itu, bisa mengunjungi bagian SDK di tizen.org.

Cara Instalasi Intel HAXM

Prasyarat awal sebelum melakukan Instalasi:

  • Android SDK harus sudah terinstal.
  • Komputer berprosesor Intel yang sudah mendukung fungsionalitas Intel VT-x, EM64T, dan Execute Disable (XD) Bit. Kesemua hal tersebut diaktifkan melalui BIOS.

Instalasi Intel HAXM OS Windows

Setelah kita selesai dilangkah awal untuk kelengakapan tools untuk pengembangan aplikasi Android yaitu dengan install SDK. langkah awalnya untuk install Intel HAXM yaitu dengan cara buka SDK Manager nya.

note :

  • Membuka SDK Manager bisa dilakukan secara langsung di Folder anda menaruh file SDK ataupun melalui IDE Android Studio langsung, Baca lagi : Pengenalan SDK Android lengkap

Coba cek bagian bawah SDK nya (Bagian Extras) apakah sudah terdapat : Intel x86 Emulator Accelaerator (HAXM). Jika terdapat status “installed”, berarti sudah ada.

Kecepatan Emulator Intel HAXM
Intel HAXM

Namun hal ini hanya mengkopi file instalasi intel HAXM, dikomputer belum diinstall. kita harus melakukan instalasi secara manual.

Instalasi Manual Intel HAXM Windows

berikut langkah-langkah nya

  • Buka folder SDK dikomputer, cari file IntelHAXM.exe (SDK/extras/Intel/Hardware_Accelerated_Execution_Manager/IntelHAXM.exe).
  • Seperti biasa lakukan instalasi dengan double klik file .exe nya.
Kecepatan Emulator Intel HAXM
File IntelHAXM.exe

Note :

Intel HAXM hanya dapat bekerja melalui kombinasi dengan salah satu system image prosesor Intel Atom x86 yang mana tersedia untuk Android 2.3.3 (API 10), 4.0.3 (API 15), 4.1.2 (API 16), 4.2.2 (API 17). System image Intel ini dapat diinstal dengan cara yang sama ketika menginstal image berbasis ARM melalui SDK Manager (sumber : teknojurnal).

  • setelah double klik selesai, maka akan muncul tampilan berikut :
Kecepatan Emulator Intel HAXM
Instalasi Manual
  • Tekan Next, dan akan muncul lagi :
Kecepatan Emulator Intel HAXM
Instalasi Manual
  • Dapat juga kita atur berapa besar RAM yang dialokasikan untuk Intel HAXM. klik “Next”. Layar selanjutnya akan mengkonfirmasi alokasi memori. Jika semuanya sudah sesuai, klik “Install”.
Kecepatan Emulator Intel HAXM
Instalasi Manual

Note :

Jika terdapat error dalam proses instalasi Manual, ini bisa mungkin terjadi karena kita belum mengaktifkan Intel VT-x di BIOS. Perhatikan gambar error berikut :

Kecepatan Emulator Intel HAXM
Error Instalasi

Solusinya,  masuk ke BIOS komputer dan aktifkan fiturnya seperti gambar berikut :

Kecepatan Emulator Intel HAXM
Intel HAXM di BIOS
  • Jika proses instalasi berhasil dan selesai dilakukan, tahap selanjutnya adalah ketika membuat Emulator menggunakan Android Virtual Manager (AVD), pastikan  pilih opsi platform Intel. Sebagai contoh jika gunakan IDE Eclipse seperti berikut :
Kecepatan Emulator Intel HAXM
Platform Intel

Baca : Cara pembuatan AVD Manager Android Studio

Jangan lupa untuk mencentang juga opsi Use Host GPU untuk mengalihkan beban pemrosesan tampilan dari emulator ke komputer kita.

Untuk Proses Instalasi Intel HAXM di OS Linux akan kita bahas dipembahasan berikutnya. Ada perbedaan ketika instalasi di OS Windows dan Linux.

Kesimpulan Cara Meningkatkan Kecepatan Emulator Android

  • Dalam pengembangan aplikasi Android salah satu hal yang menjadi kendala utama adalah kecepatan loading Emulator ketika run project
  • Menggunakan Intel HAXM dapat memberikan kecepatan loading emulator
  • Syarat awal menggunakan Intel HAXM, pastika Laptop atau PC menggunakan Prosessor Intel
  • Proses instalasi manual diperlukan untuk mengaktifkan nya
  • Cek lewat BIOS untuk mengaktifkan Intel HAXM

Semoga bermanfaat.,

Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com