Skip to main content
Struktur SDK Android

Mengenal Struktur SDK Android Secara Lengkap

Penjelasan berikut pembahasan nya tentang Struktur direktori  SDK Android atau kita sebutnya Mengenal struktur SDK Android secara lengkap. Tujuan penjelasan ini sebagai pemahanan awal sebelum membuat project dan juga akan lebih mudah memahami ketika proses debuging dan troubleshooting yang pastinya akan ditemui nantinya. SDK Android akan langsung terinstall ketika proses instalasi android studio berhasil diinstall. Untuk download nya juga satu paket dengan IDE Android Studio.

Baca : Install IDE Android Studio

Note : Tahapan ini saya menguji coba menggunakan Android Studio yang berjalan di OS Linux Ubuntu 12.04 LTS. Jika gunakan OS Windows, tidak jauh berbeda, sama. Alasan saya pakai linux, Spesifikasi Laptop saya Minimum (Core 2 Duo dan RAM 2 GB). Jika di Linux Lumayan untuk proses loading nya.

Perkembangan Versi Android

  1. Android versi 1.1
  2. Android versi 1.5 (Cupcake)
  3. Android versi 1.6 (Donut)
  4. Android versi 2.0/2.1 (Eclair)
  5. Android versi 2.2 (Froyo: Frozen Yoghurt)
  6. Android versi 2.3 (Gingerbread) API 10
  7. Android versi 3.0/3.1 (Honeycomb) 
  8. Android versi 4.0 (ICS: Ice Cream Sandwich) API 15
  9. Android versi 4.1 (Jelly Bean) API 16, 17
  10. Android versi 4.2 (Jelly Bean) API 18
  11. Android versi 4.4 (Kit Kat) API 20
  12. Android versi 5.0 (Lolli Pop) API 22
  13. Android versi 6.0 (Marshmallow) API 23

Struktur Android SDK

Untuk dapat membuka Android SDK menggunakan Android Studio caranya sangat mudah, klik menu : Tools-Anroid-SDK Manager

Struktur SDK Android
Struktur SDK Android

Kemudian, Android SDK Manager akan muncul seperti seperti Gambar berikut :

Jika kita terkoneksi Internet, Struktur SDK maka akan muncul Update terbaru dari setiap paket nya. Kita dapat memilih paket yang ingin Anda download dengan centang kotak di sebelah kiri, kemudian klik Install untuk menginstal paket yang dipilih. Berikut Struktur Penjelasan nya :

Struktur SDK Platforms

Struktur SDK Android
Struktur SDK Platform Android

Bagian ini akan menampilkan Update list versi android yang digunakan. Berikut penjelasan struktur nya :

  • Android Platform = Merupakan Versi API yang digunakan, seperti tampak pada gambar saya belum mengupdate ke versi API 23 (Android M). yang saya gunakan baru API 21.
  • Android TV ARM, Android TV Intel, Android Wear = Bagian ini anda tidak perlu install, karena ini berhubungan dengan pengambangan Android TV dan Wear, abaikan saja.
  • armeabi-v7 a system image, x86 Atom = ini lakukan instalasi, berhubungan dengan kecepatan loading emulator, x86 artina untuk PC 32 bit.
  • Google APIs Android = lakukan peng Installan jika kita menggunakan service API contoh Google Maps.

Sebagai contoh, berikut Platforms yang saya install di API 21 (Lollipop),

Struktur SDK Android
Android SDK Platforms

Struktur SDK Tools

Ini merupakan bagian Struktur SDK Tools yang diperlukan untuk Builds Project. Yang penting sesuaikan dengan versi API yang anda gunakan, sebagai contoh disini saya gunakan yang API 21, berikut gambaran nya :

Struktur SDK Tools
Struktur SDK Tools

Dengan contoh seperti gambar diatas, ketika project saya jalankan hanya bisa untuk API 21, tidak bisa untuk API keatasnya. Jika ingin update sesuaikan versi API yang anda gunakan.

Tampilan SDK Manager

Pembahasan diatas ketika SDK manager nya saya buka lewat Android Studio. Alternatif kedua, anda bisa membukanya secara manual tidak melalui Android Studio, tapi dengan SDK manager langsung. Lihat Gambar nya :

Struktur SDK Android
SDK Manager

Tidak ada perbedaan, tergantung pilihan mana yang mudah kita pahaminya.

Direktori Folder SDK Android

Berikut penjelasan tentang Direktori SDK Android yang perlu kita pahami. Ketika anda mendownload Android Studio beserta SDK nya, letak SDK nya terletak di : /home/ridwansst/Android/Sdk (linux) kalau di Windows mungkin lain lagi. berikut penjelasan setiap folder nya :

Struktur SDK Android
Direktori SDK Android

Add-ons

Folder Add-ons berisi Google API System Image. Misalkan anda menginstall 3 API yaitu api level 19, 20 dan 21 maka didalamnya akan terdapat 3 folder yang berisi System Image untuk masing masing API Level. Google API dipakai untuk membuat aplikasi yang terintegrasi dengan Google maps.

Build-tools

Berisi tool untuk mengkompilasi source code java menjadi class, lalu kelas di konversi menjadi dex yang selanjutnya di kompress menjadi satu file apk dengan aapt (Android assets packaging tools). Jika salah satu tool disini rusak atau terkena virus maka kemungkinan besar IDE anda error saat mencoba mengkompilasi.

Extras

Berisi file file yang anda download saat anda memilih paket extra di Android SDK manager (baca pembahasan diatas). Folder ini berisi library seperti GCM library untuk push notifikasi dan Library Google play service. Jika anda tidak pernah menginstall paket Extras, maka folder ini kosong.

Platforms

Folder ini berisi library dan fungsi fungsi yang terkait pada API level terentu. Sebagai contoh, saya menginstall API level 21 dan 23, maka didalam folder platfrom ini akan ada 2 folder dengan nama android-21, android-23. Jika anda menginstall API baru dari Android SDK Manager, semua file yang didownload akan masuk ke folder ini.  Jelasnya begini, jika satu orang sudah download API terbaru maka cukup  kopikan folder  tersebut ke folder SDK di komputer lain. Hal ini sangat bermanfaat jika kita seorang trainer untuk sebuah training atau pelatihan. jika ada 25 peserta, maka cukup satu yang mendownloadnya, lalu copikan folder platform ini ke semua komputer peserta, maka semuanya sudah mendapatkan udpate-an terbaru tanpa harus download satu persatu. Saya pikir sudah bisa dipahami.

Platform Tools

Platform tool berisi adb dan file pendukungnya. ADB  (Android Debug Bridge) adalah tool ang dipakai untuk menghubungkan mengirim perintah ke Emulator atau ke Handphone android lewat Command Line, sangat bermanfaat saat testing dan debuging program. jika file ini rusak atau error, maka emulator tidak akan berjalan.

Samples

Saat kita menginstall SDK, sample code sudah disertakan, yang perlu kita lakukan adalah mencobanya dan menganalisa bagaimana  membuat tampilan atau memakai sebuah fungsi di android. Sampels di folder ini adalah salah satu bahan yang penting dipelajari. karena disediakan source code contoh nya.

System Images

Berisi file file yang dipakai untuk membuat Android Emulator.

Temp

Folder yang dipakai untuk menampung file sementara saat kita mengupdate Android SDK.

tools

Berisi semua file yang diperuntukan mempermudah dalam pembuatan dan perancangan aplikasi android lewatAndroid Studio. Contohnya DDMS. sebagian besar  tool android yang anda akes lewat Android Studio.

Bagi Pengguna OS Windows, ada dua file lain nya di SDK yaitu SDK manager dan AVD Manage. SDK manager adalah tool yang dipakai untuk mengupdate android SDK, sedangkan AVD manager adalah tool yang digunakan untuk membuat dan mengelola Emulator.

Kesimpulan Mengenal Struktur SDK Android Secara Lengkap

  • Mengenal Struktur SDK sangat penting sebagai langkah awal sebelum kita mulai buat Project Android
  • Hal ini untuk kemudahan kita ketika mengalami Error nantinya, kita mudah memahaminya
  • Untuk SDK di OS Windows beda struktur nya dengan SDK Linux

Semoga Bermanfaat.

Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

  • RaflesGholand

    terimakasih pak.saya jadi paham struktur foldernya