Skip to main content
Migrasi Eclipse ke Android Studio

Panduan Cara Migrasi IDE Eclipse Ke Android Studio

Penjelasan Migrasi IDE Eclipse ke Android Studio

Suatu hal menarik jika pembahasan ini berkaitan dengan cara Migrasi IDE Eclipse ke Android Studio. Saya katakan menarik karena suatu keharusan bagi pengembang aplikasi Android untuk mempelajari IDE Android Studio. Makna Migrasi disini bisa dikatakan adalah pindah tempat, jika sebelumnya kita menggunakan IDE Eclipse, saatnya sekarang beralih ke Android Studio. Banyak Alasan nya kenapa harus pindah atau migrasi, berikut akan kita bahas.

IDE Eclipse

Pada awal-awal belajar pemrograman Android, IDE yang digunakan adalah Eclipse. Disamping mudah dalam penggunaan nya dan juga ringan. Sebenarnya menggunakan IDE Eclipse bukan hanya untuk membuat pemrograman Android, kita bisa juga menuliskan kode bahasa Java, PHP maupun bahasa web HTML. Web resmi Developer Android juga menyediakan package Tools Eclipse+SDK untuk pengembangan aplikasi Android. Namun sejak release API 23, web Developer Android tidak lagi menyediakan Eclipse namun sudah satu package dengan Android Studio+SDK.

Pengenalan Sekilas Android Studio

Android Studio adalah sebuah IDE untuk Android Development yang diperkenalkan google pada acara Google I/O 2013. Namun bersama dengan berjalannya waktu, Android Studio semakin dewasa sehingga kembali menarik untuk dilirik. Bahkan bisa menggeser tempat dihati yang selama ini dipenuhi oleh Eclipse.

baca : Pengenalan sekilas Android studio

Sekilas coba membuat Panduan bagi yang ingin migrasi dari Eclipse ke Android Studio, mengenalnya, kemudian apa saja perbedaannya dengan Eclipse.

1. Download, Update, Latest Info

Agar bisa mendapatkan versi paling baru Android Studio, kunjungi saja link berikut : LATEST ANDROID STUDIO. Channel ini adalah channel dimana versi update terbaru langsung dari developernya android studio, namun ada kemungkinan versi yang ada di channel ini terdapat bug, jika menemukan bug,  kunjungi community Android Studio di google+

2. Open Project, Create Project

Yang berbeda hanyalah pada bagian penentuan build target, Jika di eclipse ada bagian dimana user untuk menentukan build target, di Android studio hanya membutuhkan minimum SDK saja. Selain itu di android studio juga diberikan pilihan apakah apps tersebut juga akan dibuild untuk android TV, Wear dan Glass.

Migrasi IDE Eclipse
Android Studio

3. Struktur Project dan Folder

Secara default, Android Studio menampilkan susunan folder berdasarkan tampilan ‘android’,  agar lebih familiar saya sarankan untuk merubah ke view project saja.

Migrasi IDE Eclipse
Struktur Project

Struktur Folder adalah sebagai berikut:

Migrasi IDE Eclipse
Struktur Folder

ada .idea app gradle dan file-file yang ada di root folder. folder app/ adalah folder utama untuk aplikasi android.

  • build itu seperti folder gen/ di eclipse, isinya file hasil generate dari IDE, Kita gak perlu otak-atik folder ini.
  • Selanjutnya adalah folder libs/ sama seperti di eclipse, jika kamu menggunakan library dalam bentuk .jar tinggal tempatkan di folder libs.
  • Kemudian src/, src adalah folder dimana tersimpan source Java dan layout yang dalam bentuk xml, secara default Android Studio akan mengenerate dua folder yakni androidTest dan main. androidTest sendiri adalah folder khusus untuk Unit Test, fokus ke folder main, dimana source dan resource ditempatkan.

4.  Cara Import Project Eclipse ke Android Studio

Jika anda memiliki project lama yang sudah dibuild menggunakan eclipse dan ingin dibuka menggunakan android studio. Caranya adalah, pertama import menggunakan menu “Import Project (eclipse, ADT, Gradle, etc).

Migrasi IDE Eclipse
Import Eclpise ke Android Studio

lalu pilih projectnya, klik oke, maka android studio akan memberikan pilihan project dengans structure gradle akan disimpan.

Migrasi IDE Eclipse
Import Project

kemudian android studio akan mencari dependency dari project tersebut, mana library yang memungkinkan untuk diganti menjadi file .jar

Migrasi IDE Eclipse
Import Project

setelah selesai android studio akan menampilkan import summary, bisa dibaca mana saja library yang dirubah menjadi url dependency

Migrasi IDE Eclipse
Import Project

selanjutnya adalah melakukan build, jika beruntung maka tidak akan ada problem, kadang tidak selalu berhasil, ada beberapa yang mesti dirubah, yang sering terjadi adalah masalah minSDK antara library satu dengan library lain berbeda, misal library A minSDK 10 namun di library B minSDK 8 maka gradle akan menganggap ini error, dan mesti dibenahi.

KESIMPULAN CARA MIGRASI DARI IDE ECLIPSE KE ANDROID STUDIO

  • Para pengembang Aplikasi Android sudah semestinya belajar cara penggunaan IDE Android Studio
  • Android Studio merupakan salah satu ide yang direkomendasikan oleh Google selaku pengembang Android
  • Jika kita punya Project yang dibuat menggunakan Eclipse, kita masih bisa mengimport nya ke Android Studio

Demikian semoga bermanfaat.

Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com