Skip to main content
Struktur Android STudio

Pengenalan Tampilan dan Fitur Android Studio

Pengenalan tampilan dan fitur Android Studio, jika diibaratkan Tak kenal maka tak sayang, Jika Tak Sayang maka anda akan meninggalkan nya. Hal ini sebagai kebutuhan bagi pengguna baru Android Studio, apalagi yang baru Migrasi dari IDE Eclipse ke Android Studio. Akan tampak beda antara IDE Eclipse dan Android Studio, bahkan ada yang Mahir di Eclipse akan susah di Android Studio. Sedikit akan kita bahas tentang pengenalan penggunaan IDE Android Studio. Pembahasan masih saya gunakan Android Studio versi Linux.

Berikut Video nya :

Didalam penggunaan Android Studio ini, Untuk melakukan Update secara berkala bisa dilakukan tanpa harus memperbarui proyek Android Anda. Untuk memeriksa secara manual mengenai update ini, pilih Help > Check for update (pada Mac, pilih Android Studio > Check for update).

Berikut adalah tampilan utama ketika kita membuat project di Android Studio. Contoh ini ketika saya telah membuat sebuah project. Mengenai cara buat Project di Android Studio materi selenjutnya akan kita bahas.

Design Layout

Layout Android Studio
Layout Android Studio
  • Bagian sebelah kanan merupakan struktur Project yang telah kita buatkan
  • Bagian tengah, merupakan source code XML dengan mengaktifkan mode TEXT. mengetikkan code dimudahkan dengan fasilitas Auto Complet dengan cara mengetikkan code awal dan akan muncul pilihan nya.
  • Bagian sebelah kiri merupakan preview langsung berdasarkan kode XML yang kita tuliskan
  • Bagian bawah, untuk melihat source error, trouble (logCat) ketika Project di Jalankan (run)

ketika mode Design diaktifkan, tampilan akan menjadi seperti berikut :

Struktur Android STudio
Tampilan Mode Design
  • Mode Design akan menampilkan tools yang bisa kita gunakan secara Drag and Drop secara langsung ke layout aplikasi (ex. TextView, Button, dan semua widget)
  • Tampilan disamping merupakan bagian Properties untuk setting setiap widget.

Mode Design ini akan memudahkan para pengembang yang belum memahami desain layout aplikasi menggunakan kode XML. mode ini hanya dengan Drag and Drop saja.

Struktur Folder Project

Struktur folder project akan muncul ketika kita telah membuat sebuah project. Agak berbeda dengan struktur menggunakan IDE Eclipse. Berikut tampilan nya :

Struktur Project
Struktur Project

Penjelasan Struktur Project

Terdapat folder app, gradle dan file – file yang ada di root folder. Folder app/ adalah folder utama pada aplikasi android, didalamnya terdapat Folder manifest, Java dan res.

  • Folder manifest terdapat file Android Manifest.xml yang penjelasan nya akan kita bahas di materi berikutnya.
  • Folder Java terdapat file-file bahasa java yang terkelompokkan dalam beberapa Package.
  • Folder res terdapat drawable, layout, menu yang kesemua ini tujuan untuk menyimpan Gambar (drawable) desain tampilan file XML (layout) dan hal-hal lain yang berhubungan dengan tampilan aplikasi.

Gradle

Perbedaan Android Studio dan IDE eclipse salah satu nya adalah gradle, sebuah featured build automation. Eclipse tidak ada fitur ini. Selengkapnya dapat lihat di situs berikut ini http://www.gradle.org/. File Gradle berisi library yang digunakan, versi aplikasi, signed key properties, lokasi repository dll. File yang akan sering kita ubah adalah file build.gradle(module: app). Jika di Eclipse kita mengenal nya pada saat penambahan sebuah Library yang tipe .jar. namun penambahan library di Android Studio hanya dengan memanggil nya di Gradle bagian dependecies, contoh penambahan Script ini untuk menampilkan peta Google Maps pada aplikasi :


<pre>dependencies {
    compile fileTree(dir: 'libs', include: ['*.jar'])
    //compile files('libs/org.apache.http.legacy.jar')
    compile 'com.android.support:appcompat-v7:22.2.1'
    compile 'com.google.android.gms:play-services:7.8.0'
    compile 'com.google.android.gms:play-services-maps:7.8.0'
}</pre>

Struktur Android Studio
Tampilan Gradle

File ini berisi pengaturan untuk versi sdk yang di compile, package name app, build version yang digunakan, SDK Minimum yang digunakan, versioncode, versionname dan dependencies yang digunakan dalam aplikasi yang digunakan. Jika ada perubahan pada file ini, Android Studio akan mem Build secara langsung walaupun agak lama.

File Java

Pembuatan project Android jenis nya Native karena menggunakan bahasa pemrograman Java. berikut tampilan ketika mau mengubah atau menambahkan script Java.

Struktur Android Studio
Bahasa Java Android Studio

Bahasa Java terletak di Folder java, double Click file yang mau dibuka, kemudian halaman tengah akan muncul script Java yang bisa kita ubah dan sesuaikan dengan aplikasi yang kita buat.

Kesimpulan Pengenalan Tampilan dan Fitur Android Studio

  • Untuk bisa membuat project aplikasi menggunakan Android Studio, terlebih dahulu kita harus memahami tampilan dan fitur-fitur yang disediakan untuk kemudahan pengembangan
  • Tampilan IDE Android Studio berbeda dengan IDE Eclipse, makanya ada yang baru migrasi awal terkadang akan sedikit kesulitan.
Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com