Skip to main content
Pemrograman Android

Syarat Belajar Pemrograman Android Untuk Pemula

Artikel ini sekilas membahas tentang keinginan untuk menjadi seorang pengembang aplikasi Pemrograman Android, khususnya bagi seorang pemula. Maksudnya apa saja yang perlu kita kuasai dan pahami agar bisa membuat aplikasi Android. Kenapa harus Android, kenapa harus belajar Android? Pertanyaan tersebut setidak nya bisa saya jawab, Android yang populer sekarang, cuma itu saja jawaban nya. Pengalaman Pribadi, dulunya saya tidak mengerti tentang pembuatan aplikasi Android, sedikit ada ilmu di perangkat Mobile yaitu J2ME. Namun, atas dasar ketertarikan akhirnya belajar secara Otodidak, guru dan Dosen nya cuma Mbah Google, walaupun sampai tahap sekarang tidak terlalu pintar pintar juga, hanya baru sedikit paham. Yang paling berkesan dalam belajar Android pertama, butuh 1 minggu duduk di warung kopi hanya untuk memulai proses Instalasi aplikasi nya. Atas dasar hal tersebut, sekilas akan kita bahas apa saja Syarat awal supaya kita bisa menjadi seorang pengembang aplikasi mobile khususnya Android platform.

Pengertian Pemrograman Android

Pemrograman Android
Pemrograman Android

Pemrograman Android adalah pemrograman berbasis Java untuk membuat aplikasi pada device smartphone, tablet maupun device lainnya yang menggunakan sistem operasi berbasis Android. Untuk pemahaman nya, Android itu sistem operasi sama seperti Windows, Linux untuk PC.

Pemrograman Android adalah salah satu materi yang di cari saat ini oleh para pengembang aplikasi mobile. Banyak berbagai macam blog yang mengajarkan tutorial pemrograman android. Buku android pun banyak sekali yang terjual laris di beli oleh para calon programer.

Syarat Belajar Android

Terlebih dahulu kita bahas dulu syarat awal untuk belajar android, dalam hal penguasan bahasa pemrograman.

Belajar Bahasa Pemrograman Java

Java adalah bahasa pemrograman yang digunakan untuk development android apps secara native. Java adalah bahasa yang standar untuk pembuatan aplikasi Android. Jika anda tidak pernah belajar java, namun tiba tiba coding java di android, anda akan mengalami kesulitan. Konsep seperti Class, Package, access modifier(public/prifat) dan konsep lain harus anda pelajari dulu. Satu hal lagi, Java juga menganut konsep Pemrograman Berorientasi Object (OOP). Ada terkadang seseorang dalam belajar Android, langsung saja download source code istilahnya Copy Paste dan programnnya jalan, namun anda akan kesulitan ketika membuat program android dari awal dan akan sulit memahaminya struktur coding nya.

Namun, jika anda kurang menguasai bahasa Java, bisa juga menggunakan bahasa pemrograman lain misal Html5, Javascript dan apps dicompile menggunakan javascript library semacam phonegap.

Baca :

Belajar Bahasa XML

Xml adalah bahasa markup yang banyak dipakai untuk berbagai keperluan. XML dipakai di Webservice, Konfigurasi, Layout dan berbagai keperluan lain di dunia programming. XML sebenarnya tidak susah untuk dipelajari. Yang perlu anda pahami hanya aturan aturan dasarnya saja dan bagaimana cara menulis XML dan cara membacanya. XML di android untuk desain tampilan sebuah aplikasi.

Tools Pengembangan Aplikasi Android

Berikut tools yang digunakan untuk pembuatan aplikasi Android.

IDE Eclipse

Eclipse adalah IDE yang dipakai untuk pemrograman android. Khususnya bagi pemula saya sarankan belajar dulu pake IDE Eclipse agar tidak mengalami kesulitan. Ada terkadang kebanyakan programer java datang dari NetBeans yang terkadang ketika beralih ke Android langsung pakai IDE Netbeans. Pengalaman saya pribadi, awal belajar saya pakai Eclipse. Eclipse tidak terlalu susah, anda cukup memfamiliarkan interface dan layoutnya saja.

IDE Android Studio

Melihat perkembangan saat ini, Android Studio saat ini sudah menjadi official IDE untuk Android Development, artinya di web resmi Android Developer dikatakan kedepan nya direkomendasikan harus menggunakan IDE Android Studio. silahkan baca di : cek, kemudian library yang dikembangkan oleh developer diluar sana sekarang sudah banyak yang menggunakan gradle, jadi kalo mau make librarynya tinggal tambahkan url gradlenya, jarang yang menyediakan .jar atau project library, kalaupun ada project library secara default tidak akan bisa langsung digunakan di eclipse, karena perbedaan structure.

Namun Bagi anda pemula, jangan langsung pakai Android Studio, kemungkinan akan susah dalam pemahaman nya. apalagi dengan Spesifikasi Komputer yang minimun sekali,, bakalan hilang kesabaran.

Pahami arsitektur android (design pattern, komponen)

Kenali apa itu android, website resminya memiliki informasi yang sangat berlimpah, mulai dari materi training, sampai materi untuk design apps android. Kita harus mengerti untuk membuat apps android itu ada aturannya misal design, apps terdiri dari apa saja komponennya, bentuk buttonnya seperti apa, kemudian kapan menggunakan tab layout kapan menggunakan navigation drawer. Untuk best practices android development bisa dibaca disini.

Baca tutorial,ikut course, ikut group android programming

membaca tutorial, misal salah satu web yang mengupas android di AndroidHive, selain ituVogella juga memiliki banyak tutorial yang enak buat dibaca. Untuk course saya menyarankan ikut yang dari google link, course ini sangat bagus sekali, dengan penjelasan lengkap dan materi yang saya rasa dari level entry sampai level medium hard.

Selanjutnya gabung ke milis/groups/community, baik secara online maupun luring, google plus community adalah salah satu tempat bisa di kunjungi untuk update informasi terbaru mengenai android development, selain itu kaskus juga bisa (dikaskus lebih sering jawab pertanyaan daripada dapat informasi baru), lalu subreddit androiddev, dan GoogleGroup id-android

Follow orang2 yang famous di android development

Sering stalking akun2 famous dibidang android development, lebih aktif di google plus, Berikut beberapa listnya :

  1. Taylor Ling : ini kokoh2 GoogleDeveloperExpert bagian UX untuk kawasan Asian Tenggara, Banyak pembahasan mengenai design apps.
  2. Android Developers : akun resminya android developer di google plus, perihal informasi paling update mengenai perkembangan android.
  3. Nick Butcher : Nick pudge Butcher ini salah satu developer nya google
  4. Jake Wharton : bapak actionbar, pengembang library.

Kesimpulan Syarat Belajar dan Menjadi Android Developer

  1. Bahasa Yang perlu dipelajari yaitu Java untuk pengembangan aplikasi Native
  2. Untuk pengembangan aplikasi Hybrid, pahami HTML5, Java Script dan CSS
  3. Jangan sering belajar pemula dengan model Copy Paste, hal ini akan merepotkan nantinya ketika ingin pemahaman lebih lanjut, setidaknya mulai dulu dari menampilkan Hello World
  4. Gunakan IDE Eclipse jika mau belajar pemula jangan langsung menggunakan Android Studio
  5. Sering gabung di Grup, forum atau para Developer untuk banyak bertanya.
Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

  • Tri fadilah Rahman

    Udah minta ijin untuk copy artikel sama yang punya mas?