Skip to main content
Mudah Menggunakan Ionic Lab Android

Mudah Menggunakan Ionic Lab Project Android

Pendahuluan Cara Mudah Menggunakan Ionic Lab

Salam semuanya, topik pembahasan berikut tentang Cara Mudah Menggunakan Ionic Lab merupakan kelanjutan pembahasan sebelumnya yaitu cara buat project menggunakan Framework Ionic. Hal awal dalam pembuatan project pastikan dulu semua tools sudah diinstall pada komputer/Laptop anda. Pembahasan sebelumnya kita telah membahas tentang cara membuat project dan menjalankan nya menggunakan perintah di Command Line. Bagi Seorang yang mahir, hal tersebut mungkin tidak akan jadi kendala. Namun bagi seorang pemula, tentu akan sangat repot ketika harus berhadapan dengan perintah command line.

Solusi dari sulit menggunakan perintah command line, berikut solusi nya yaitu tentang Mudah Menggunakan Ionic Lab. Maksud cara mudah disini yaitu untuk membuat dan menjalankan project Ionic kita tidak perlu menggunakan Perintah lewat Command Line. Gimana caranya, alternatif nya kita bisa menggunakan Tool yang disediakan oleh pengembang ionic, yaitu : Ionic lab.

Baca :

Topik Pembahasan Mudah Menggunakan Ionic Lab:

  1. Pengenalan Ionic Lab
  2. Pembuatan Project Melalui Ionic Lab
  3. Tambahkan Platform dan Run Project
  4. Video Demo
  5. Kesimpulan

Sebagai review sekilas bahwa Framework Ionic memberikan kemudahan kepada pengembang aplikasi Mobile yang tidak memahami bahasa standart platform. 

Pengenalan Ionic Lab

Hebatnya Framework Ionic yaitu ketersediaan IDE untuk hal mendesain tampilan (User Interface). Framework Ionic menyediakan Ionic Lab, produk free yang akan memudahkan anda mendesain tampilan UI dari aplikasi. Selain untuk mendesain UI, ionic Lab juga bisa membuild, upload dan merun Aplikasi. Dengan menggunakan Ionic Lab, kita tidak perlu menggunakan Perintah Command Line untuk membuat, add platform dan run project. Tersedia dalam versi Windows, Linux dan Mac OS.

Link Resmi Download Ionic Lab : Ionic Lab.exe

Motto resmi ionic lab : “Create, build, test, and deploy Ionic apps

Penggunaan nya sangat mudah, kita tinggal men Download nya kemudian kita jalankan.

Pembuatan Project Mudah Menggunakan Ionic Lab

Setelah kita memahami dan mengenal bagaimana Mudah Menggunakan Ionic Lab, kini kita akan demokan cara pembuatan project menggunakan ionic lab. Untuk kemudahan dalam memahami materi, terlampir langkah-langkah dalam bentuk tutorial gambar dan video demo.

Langkah-langkah pengunaan Mudah Menggunakan Ionic Lab

Silahkan Download Toolnya di laman resmi ionic lab, pilihan sesaui OS yang digunakan

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Halaman Web Ionic lab

– Setelah selesai mendownload, kemudian run tools nya dengan double click or enter. Berikut tampilan muka Ionic Lab beserta Sekilas Penjelasan Halaman muka Ionic Lab

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Mudah Menggunakan Ionic Lab

– Setelah mengetahui tampilan muka Ionic Lab, untuk membuat Project Baru, Tinggal klik : New App , kemudian Ketikkan Nama Project dan tentukan lokasi simpan project nya.

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Tampilan Muka Buat Project Menggunakan Ionic Lab

– Pastikan koneksi internet stabil, maka akan langsung dibuatkan project nya. Berikut tampilan jika berhasil  dan sekilas penjelasan nya:

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Cara Mudah Menggunakan Ionic Lab

Jika ingin menambahkan plugin untuk project anda tinggal pilih nama plugin nya, kemudian otomatis akan didownload :

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Mudah Menggunakan Plugin Ionic Lab

Video Demo Pembuatan Project Ionic Lab

Cara Mudah Tambahkan Platform dan Run Project Ionic Lab

Mudah Menambahkan platform menggunakan Ionic Lab, diberikan kemudahan nya, tidak melalui command line. Kegunaan menambahkan platform kedalam project adalah untuk menentukan target project (Android atau IoS). Untuk contoh ini kita tambahkan Platform Android. Pastikan juga di laptop anda sudah tersedia Android SDK. Baca lagi tentang cara instalasi ionic.

Cara tambahkan Platform lewat Ionic Lab

Setelah tentang Mudah Menggunakan Ionic Lab telah kita praktekkan pada proses pembuatan project Ionic. Langkah selanjutnya adalah menambahkan Platform untuk project. jika menggunakan perintah Command line, kita menggunakan : ionic platform add android/ios . mudah menggunakan Ionic Lab kita tinggal memilih saja lewat menu. Lihat gambar berikut :

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Cara Mudah Tambahkan Platform

Setelah dilakukan proses Install, maka otomatis project akan dijadikan ke platform Android. Lihat gambar :

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Platform Sukses Install

Tahap akhir, sekarang kita run project nya melalui menu pilihan : Testing kemudian klik serve kalau untuk jalankan via Serve, dan Emulate jika lewat emulator. Berikut tampilan hasil run project via Serve

Mudah Menggunakan Ionic Lab Android
Run Project Via Serve

Berikut Video Demo Mudah MenambahkanPlatform dan Run Project Menggunakan Ionic Lab

Itulah beberapa kemudahan Menggunakan Ionic Lab Tool untuk membuat project Aplikasi Android menggunakan framework Ionic. Jika Kita familiar denga perintah command line, silahkan via command prompt.

Kesimpulan Cara Mudah Menggunakan Ionic Lab

  • Tools Ionic lab memberikan kemudahan khususnya bagi pemula dalam membuat project dan run project Ionic
  • Kita harus terkoneksi internet untuk mempraktekkan nya
  • Tools Ionic lab tersedia dalam versi OS Windows, Linux dan Mac OS.
  • Untuk Mengedit tampilan aplikasi bisa kita lakukan dengan mengubah source codenya
Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com