Skip to main content
Framework Ionic

Pengenalan Awal Framework Ionic Mobile

Pengenalan Framework Ionic

Satu lagi pembahasan terbaru dalam blog ini yaitu tentang Pengenalan Framework Ionic. Apa itu Framework Ionic?, Framework Ionic dapat kita gunakan untuk membangun aplikasi pada perangkat Mobile. Salah satu keunggulan menggunakan Ionic Framework yaitu bisa berjalan multi platform. Artinya kita bisa menjalankan aplikasi disemua platform (Android, IoS, Windows Phone, etc). 

Baca : HTML5 untuk multi platform

Pengertian dan Pengenalan Framework Ionic

Terbaik Framework Ionic untuk pengembangan aplikasi mobile
Framework Ionic

Framework Ionic adalah merupakan framework HTML5 yang membantu kita dalam mengembangkan aplikasi mobile dengan teknologi web seperti HTML, CSS dan Javascript. Framework Ionic adalah platform yang mentargetkan Programmer Web agar bisa membuat aplikasi Mobile dengan Teknologi Web. Artinya Programmer web yang ingin menjadi programer Mobile tidak perlu belajar Java atau Objective C atau C# untuk membuat versi Aplikasi dari layanan webnya. Banyak Framework lainnya untuk Membuat aplikasi mobile menggunakan bahasa Web, salah satu yang pernah kita bahas dalam blog ini yaitu Jquery Mobile.

Baca : Framework HTML5 Untuk Aplikasi Mobile

Framework Ionic terdiri dari sekumpulan teknologi yang dikembangkan untuk membangun aplikasi mobile hybrid yang powerful, cepat, mudah dan juga memiliki tampilan yang menarik. Framework Ionic menggunakan AngularJS sebagai framework berbasis web dan menggunakan Cordova untuk membangun aplikasi mobile.

Saat ini, Framework Ionic mendukung UIWebView untuk iOS 6+ dan Android 4+ (dengan beberapa dukungan untuk 2.3).  Sebagai pengembang (developer), tentu Anda juga dapat menggunakan emulator untuk menjalankan aplikasi dari Ionic ini, seperti Genymotion, Android Emulator, iOS Simulator atau BlueStacks.

Kelebihan Framework Ionic

Jika Anda khawatir dengan kinerja dan kecepatan aplikasi, Framework ionic adalah framework yang tepat. Framework Ionic adalah kerangka ponsel HTML5 dengan fokus pada kinerja, dengan memanfaatkan akselerasi hardware, dan tidak memerlukan pihak ketiga JS library. Ionic bekerja terbaik bersama-sama dengan Angular.js untuk membangun sebuah aplikasi interaktif. Berikut beberapa kelebihan Framework Ionic dibandingkan dengan Framework lain.

Framework Ionic Menggunakan lisensi Opensource

Framework Ionic platform menggunakan lisensi opensource, boleh membuat aplikasi free ataupun comercial dengan Ionic.

Menggunakan teknologi web terbaru

Framework Ionic memanfaatkan AngularJS untuk implementasi logicnya. Mengapa tidak memakai jQuery? karena jQuery terkenal lambat di mobile sedangkan Angular menawarkan performa dan respon cepat serasa aplikasi native.

Target Hanya untuk Android 4 dan ios 7 Keatas

Bagi yang suka dengan hal baru dan ingin kode yang bersih tanpa memikirkan kompabilitas dengan versi mobile OS lama, maka Framework  ionic adalah platform yang paling pas.

Berbasis Apache Cordova /Phonegap

Framework Ionic hanya menyediakan frameworknya, untuk membungkusnya menjadi aplikasi Android atau iOS anda tetap pakai phonegap. Artinya bagi para programer phonegap  dengan platform lain, keahliannya tetap bisa dipakai.

Jadi beberapa kelebihan diatas, Framework  Ionic menjadi salah satu yang banyak digunakan oleh para developer yang tidak paham bahasa Native. Satu hal lagi dalam mempelajari Ionic kita harus bisa memahami bahasa AngularJS.

Baca : Belajar AngularJS

Syarat Pengenalan Belajar Framework Ionic

Untuk awal belajar Framework Ionic ada beberapa teknologi yang harus ada kuasai. Ilmu ini harus anda pahami kalau ingin membuat aplikasi bagus. Setidaknya kita pernah mencoba teknologi dibawah ini sebelum kita belajar Ionic, takutnya kalau dipaksakan, paling paling anda berhenti ditengah jalan. Berikut hal yang harus dipahami dan dipelajari :

  1. HTML5/CSS/Javascript
  2. Nama komponen visual di mobile App (android/iOS)
  3. AngularJS
  4. Dasar dasar NodeJS/NPM
  5. Phonegap/Apache Cordova
  6. Command line (CMD/Bash/Terminal Linux)
  7. Cara membuat Apk  atau membuild /compile  iosApp.

IDE Framework Ionic

Pengenalan Framework Ionic
Lab Ionic

Hebatnya Framework Ionic yaitu ketersediaan IDE untuk hal mendesain tampilan (User Interface). Framework Ionic menyediakan Ionic Lab, produk free yang akan memudahkan anda mendesain tampilan UI dari aplikasi.Selain untuk mendesain UI, ionic Lab juga bisa membuild, upload dan merun Aplikasi. Untuk mencoba nya di link berikut : Ionic Lab

Ionic Platform

Pengenalan Framework Ionic
Ionic Platform

Framework Ionic selain free dan opensource, Ionic juga memperkenalkan ionic Platform. Ionic Platform memberikan layanan tambahan bagi para developer ionic. Ionic Platfrom menambahkan fitur Create, deploy, update, Analytics, Marketing (Ionic Market) dan Push notification kedalam aplikasi yang dibangun dengan ionic.

Kesimpulan Pengenalan Awal Framework Ionic Mobile

  • Framework Ionic merupakan salah satu framework untuk membangun aplikasi mobile menggunakan bahasa web
  • Kemudahan menggunakan Framework Ionic dari hal kecepatan akses aplikasi, tersedia IDE untuk interface secara mudah
  • Untuk belajar Ionic kita harus memahami HTML5, JavaScript, AgularJS, CSS, NodeJS, dan PhoneGap.

Selanjutnya akan kita bahas cara instalasi Framework Ionic.

Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

  • wansuryani wan

    Penerangan yang sangat bagus. Terima kasih ya!

    • Sama-sama,, Thank sudah berkunjung

  • Apakah ada tutorial build apk membuat keystore dan certifikatnya. ? terimakasih