Skip to main content
Intel XDK

Cara Gunakan Intel XDK Untuk Aplikasi Mobile

Mengenal Intel XDK

Apa itu Intel XDK, jika kita mau membuat aplikasi Android dengan cepat dan mudah? tool Intel® XDK untuk membuat aplikasi Android dan juga sekaligus di iOS dan Windows Phone dengan HTML5. Artinya kita bisa membuat aplikasi yang bisa berjalan di Android dan juga di perangkat IOS dan Windows Phone hanya dengan menggunakan Bahasa Web HTML5. Kenapa dengan HTML5?

baca : Teknologi HTML5

Intel XDK disokong oleh Intel, salah satu perusahaan mikrokonduktor terbesar di Indonesia. Development tool ini disediakan oleh Intel secara gratis. Intel XDK dulu sebetulnya bernama AppMobi dan lalu akhirnya diakusisi oleh Intel untuk kemudian dikembangkan lebih lanjut. Dengan hanya menggunakan satu kodingan saja di Intel XDK kita bisa langsung membuat aplikasinya untuk di berbagai macam platform sekaligus seperti Android, iOS, dan Windows Phone. Mungkin ini juga merupakan solusi bagi para pengembang aplikasi mobile agar mudah dan tiak ribet pastinya.

Aplikasi yang dibangun dengan Intel XDK adalah jenis Hybrid. Aplikasi Hybrid merupakan solusi bagi para pengambang aplikasi mobile yang tidak paham tentang aplikasi Native.

Baca : Kelebihan dan kekurangan aplikasi native, Hybrid dan web mobile

Instalasi Intel XDK

Berikut tahapan-tahapan untuk proses instalasi Intel XDK. Saya mempraktekkan nya di OS Windows 10.

  1. Download Intel XDK

    Langkah awal untuk membuat aplikasi android berbasis html5 adalah dengan mendownload Intel XDK. Langsung saja pergi ke alamat https://software.intel.com/en-us/intel-xdk :

Intel XDK
IDE Intel XDK

klik download dan tunggu sampai proses download selesai.

Intel XDK
Download Intel XDK

2. Menginstal Intel XDK

Setelah selesai mendownload Intel XDK, selanjutnya adalah menginstalnya. Caranya sama seperti menginstall aplikasi lainnya, double klik file .exe nya dan ikuti tahapan berikutnya dengan Klik Next sampai Finish.

Note :

Anda perlu terkoneksi ke Internet yang cukup stabil untuk menginstal maupun menggunakan Intel XDK. Tidak disarankan menggunakan koneksi internet dibelakang proxy dengan autentikasi.

Untuk instalasi lebih jelasnya dapat dilihat pada gambar berikut:

Intel XDK
Tahapan Instalasi 1
Intel XDK
Tahapan Instalasi 2
5
Tahapan Instalasi 3
6
Tahapan Instalasi 4
7
Tahapan Instalasi 5
8
Tahapan Instalasi 6
9
Tahapan Instalasi 7

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Pengenalan User Interface Intel NDK

Di dalam Intel XDK kita dapat melihat beberapa tab menu, diantaranya adalah Develop, Emulate, Test, Debug, Profile, dan Build.

Intel XDK
Tampilan Intel XDK

Berikut Keterangan nya :

  • Develop, Menu ini digunakan untuk mengatur dan mengedit aplikasi kita. Terdapat 2 pilihan dalam menu develop, yaitu Code dan Design. Code digunakan untuk mengedit script sedangkan Design untuk mengatur layout aplikasi.
  • Emulate, Pada menu ini kita bisa melihat hasil dari aplikasi yang kita buat dalam bentuk emulasi. Kita bisa memilih jenis tampilan emulatornya dengan memilih berbagai emulator smartphone yang ada.
  • Test, Menu test digunakan untuk mengetest aplikasi langsung dari smartphone yang sebelumnya harus terinstall app preview terlebih dahulu. Kemudian menyambungkannya menggunakan kabel usb.
  • Debug, Digunakan untuk menginstall aplikasi langsung ke smartphone. Caranya dengan menyambungkan smartphone kita dengan kabel usb.
  • Profile, Pada menu profile kita bisa melihat cara atau tip menyambungkan Intel XDK dengan Android Device.
  • Build, Yang terakhir adalah Build, menu ini digunakan untuk membuild aplikasi yang sudah dibuat. Terdapat berbagai macam platform didlamnya, seperti Android, IOS, Windows 8, dll.

Demikian tentang pengenalan awal menggunakan Intel XDK untuk pengembangan aplikasi mobile Hybrid.

Kesimpulan Cara Mudah Buat Aplikasi Android HTML5 Dengan Intel XDK

  • Intel XDK merupakan sebuah IDE untuk membangun aplikasi Mobile Multi Platform
  • Menggunakan Intel XDK memberikan kemudahan karena menggunakan HTML5, CSS dan Java Script
  • Syarat untuk bisa membuat aplikasi Mobile Hybrid, pahami dan pelajari Bahsa Web HTML5, CSS3 dan Java Script

Sampai Jumpa di Tutorial berikutnya tentang penggunaan IDE Intel XDK.

Facebook Comments

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com

More Posts - Website

Follow Me:
TwitterFacebookYouTube

Ridwan, SST

Seorang Tenaga Pengajar Yang Kebetulan Suka Menulis Dan Membuat Tulisan Melalui Blog Web. CP : 0852 7747 2958 E-mail : awanpijay@rocketmail.com